SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Jumat, 18 Maret 2016

Posted by . | File under :
Salam Blogger, kali ini saya akan memposting tentang pengenalan dasar-dasar bahasa dalam Pemrograman Komputer. Yuk disimak 

Sebelum seseorang terjun ke dalam bidang pemrograman, ada beberapa syarat yang harus di penuhi, biar belajar pemrograman ini tidak menjemukan, diantaranya adalah :
  1. Hobi atau senang dengan utak-atik, hal ini mutlak di perlukan, karena kesenanganlah yang membuat programming menjadi menarik dan tidak menakutkan, serta tidak menjemukan.
  2. High curiousity, yakni rasa penasaran yang tinggi. Yakni bagaimana memecahkan sebuah masalah pemrograman sampai ketemu dan selesai masalahnya, bahkan mungkin tidak bisa tidur, bagaimana menyelesaikan masalah itu.
  3. Mau belajar. Jadi seorang programmer jangan mudah puas, harus terus mengasah skill dan kemampuan biar bisa bersaing dengan yang lainnya.
  4. Bisa bahasa inggris minimal pasif, mengingat semua manual pemrograman saat ini kebanyakan masih berbahasa inggris. Tapi dengan adanya Google Translator, mungkin masalah ini sebentar lagi teratasi.
Keempat syarat di atas mungkin bukanlah syarat mutlak, tetapi minimal harus dimiliki oleh seorang programmer.

Adapun langkah-langkah belajar bahasa pemrograman adalah sebagai berikut :
  1. Menentukan bahasa pemrograman yang cocok. Bahasa pemrograman yang mudah di pelajari belum tentu cocok dengan karakter kita, karena bahasa pemrograman yang bagus itu tidak hanya mudah di pelajari, tetapi menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk membuat suatu aplikasi yang kita inginkan. Bila orientasi kita adalah bidang pekerjaan yang nanti kita tekuni, maka carilah bahasa pemrograman yang paling banyak di pakai di dunia, seperti Java, PHP, C++, ASP dan lain-lain. Bahasa pemrograman tersebut mendukung konsep OOP baik secara parsial seperti PHP dan ASP, maupun full OOP seperti Java.
  2. Menentukan tools development yang cocok. Karena kita masih terkendala dengan masalah lisensi yang tidak murah, maka carilah peralatan development yang open source atau gratis, seperti PHPEdit, PSPad Edit, EditPlus dan lain-lain. Untuk Java, ada tool gratis yang bernama Netbeans.
  3. Belajar mengetik sepuluh jari. Ini mungkin kurang di sukai oleh sebagian orang, tapi sangat penting bagi seorang programmer, bagaimana dia berbuat dengan jari-jarinya, maka kemampuan menguasai papan keyboard menjadi syarat mutlak. Ada banyak software typing tutor gratis yang bisa di unduh di internet diantaranya adalah TypeFaster ,RapidTyping Tutor, FastType dan lainnya. Bila Anda sudah memiliki kecepatan ngetik 200cpm (karakter per menit) itu sudah cukup, berarti anda siap untuk menjadi programmer handal.
  4. Mencari buku yang tepat, mengapa saya katakan “mencari buku yang tepat?” Karena tidak semua buku petunjuk pemrograman bagus untuk di beli dan di pelajari. Kebanyakan adalah berisi tutorial semata, kurang bobot, karena pemrograman sesungguhnya bukan hanyak memanfaatkan tool, tapi lebih dari itu, konsep pemrograman yang benar harus di kuasai.
  5. Mencari mentor yang tepat. Mengapa mencari mentor. Seorang mentor atau instruktur tidak melulu kita dapatkan ketika kita mendaftar ke lembaga kursus tertentu. Mentor lebih dari sekedar guru, karena dia bisa kita tanya kapan saja bila kita menemui kesulitan. Sekali lagi, kita tidak perlu kursus untuk mendapatkan mentor ini, tetapi bila anda kemudian ikut kursus, itu lebih baik lagi. Mentor bisa berasal pula dari kalangan profesional yang aktif di millist-milist pemrograman. maka jangan malas untuk ikutan milist, biar pengetahuan anda bertambah.
  6. Mencari waktu yang tepat. Membuat program adalah bekerja dengan otak kita, maka otak kita butuh ketenangan saat bekerja. Dalam kondisi emosi, otak tidak akan bekerja dengan baik, maka menentukan waktu yang tepat untuk belajar pemrograman juga di perlukan.
  7. Carilah proyek kecil. Untuk mengasah kemampuan anda dalam membuat program, diperlukan latihan yang intens. Mencari proyek kecil-kecilan, seperti menyelesaikan tugas teman kuliah dan sebagainya bisa menjadi solusi tepat dan sekaligus bisa mendatangkan uang.

Bila anda menjalankan ke tujuh langkah belajar pemrograman di atas, saya yakin kurang dari setahun anda akan menjadi seorang programmer yang handal, apalagi bila anda sering mendapatkan proyek-proyek aplikasi, dari rekan maupun dari orang lain yang membutuhkan jasa pemrograman atau pengolahan informasi.
Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari :
  • Bahasa mesin, yang memberikan perintah ke komputer dengan menggunakan kode bahasa biner, misalnya 01100101100110.
  • Bahasa tingkat rendah, atau dikenal sebagai bahasa assembly (bah.Inggris Assembly), yang memberikan perintah ke komputer dengan menggunakan kode pendek (kode mnemonic), misalnya [kode_mesin | MOV], SUB, CMP, JMP, JGE, JL , LOOP, dll.
    Inggris Intermediate, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia lihat contoh di bawah Bahasa Tingkat Tinggi  dan instruksi yang bersifat simbolik, misalnya, {,},?, <<, >> , &&, ||, dll.
  • Bahasa tingkat tinggi, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, misalnya, mulai, akhir, jika, sementara, dan, atau, dll Komputer dapat memahami compiler bahasa manusia atau penerjemah program yang dibutuhkan.
Kebanyakan bahasa pemrograman diklasifikasikan sebagai High Level Languages, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Menengah dan Majelis Bahasa yang merupakan Rendah Bahasa.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman (bahasa pemrograman) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.
Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi dari bahasa pemrograman yang memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program / aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal atau supermarket, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll
Bahasa pemrograman yang kita tahu ada banyak orang di dunia, sekitar ilmu komputer dan teknologi saat ini. Pengembangannya mengikuti inovasi tinggi dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita ketahui, antara lain, adalah untuk membuat aplikasi permainan, anti-virus, web, dan teknologi lainnya.
Bahasa pemrograman komputer yang kita tahu termasuk Java, Visual Basic, C ++, C, Cobol, PHP, Net, dan ratusan bahasa lain. Tapi tentu saja, bahasa harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.
Ssecara bahasa pemrograman umum dibagi menjadi empat kelompok, yaitu :
  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C);
  • Level Language tinggi (seperti Pascal dan Basic);
  • Tingkat Tengah Language (seperti C);
  • Level Language rendah (seperti bahasa assembly);

Tingkat Bahasa Pemrograman

Bahasa Tingkat Tinggi 
Bahasa pemrograman ini masuk ke level sebagai bahasa dekat dengan bahasa manusia. Sebagai contoh, bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java dan lainnya.dsb dan tidak lagi pada pemula sulit dimengerti.
Bahasa Tingkat Menengah
Disebut tingkat menengah karena dapat masuk ke dalam bahasa tingkat rendah tinggi dan. Misalnya dalam bahasa program C.
Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman masuk ke level ini karena bahasa masih jauh dari bahasa manusia. Contoh bahasa Assembly.
Proses Pembuatan Program
Proses pembuatan program yang kita tulis kode sumber dalam editor teks seperti notepad dan kemudian mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dapat dieksekusi oleh CPU. Proses konversi kode sumber (source code) ke dalam bahasa mesin (bahasa mesin) terdiri dari dua jenis kompilasi dan interpretasi.

Kompilasi (Compilation)

Dalam proses kompilasi source code untuk membacanya pertama dan jika tidak ada kesalahan dalam penulisan, program ini akan mengatur kode mesin sehingga program dapat dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler.
Program ini akan mengkompilasi hasil dalam bentuk yang dapat dieksekusi. Program ini dapat dijalankan tanpa harus langsung memiliki compiler pada komputer yang menjalankan program. Bahasa menggunakan teknik kompilasi Ulasan seperti bahasa C, C ++, Pascal, Assembly dan banyak lagi.

Interpretasi (Interpretation)

Bahasa menggunakan teknik interpretasi akan membaca kode sumber dan dieksekusi per baris per baris. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan program dalam kesalahan garis bahwa program akan dihentikan. Program yang melakukan tugas ini disebut Interpreter.
Dalam tidak ada teknik interpretasi akan menghasilkan program mandiri, artinya menjalankan program kita harus memiliki kode sumber setelah juru Program. Bahasa yang menggunakan bahasa teknik interpretasi Ulasan seperti Perl, Python, Ruby dan banyak lagi.

Kompilasi Sekaligus Interpretasi

Ada juga sebuah bahasa pemrograman yang menghasilkan teknik penyusunan Program serta interpretasi. Sebagai contoh, bahasa java. Dalam membuat java kode sumber program diubah menjadi bytecode.
Meskipun terlihat seperti bahasa mesin, tapi ini bukan bahasa mesin dan tidak dapat dieksekusi. Untuk menjalankan bytecode kita perlu Java Runtime Environment (JRE), yang yang menjabat sebagai juru dari program bytecode yang dihasilkan.
Meskipun setiap bahasa pemrograman dibuat untuk membuat program tetapi call now bahasa dibuat dengan tujuan dan fungsi yang berbeda. Misalnya, untuk membuat driver hardware kita tidak bisa menggunakan bahasa Visual Basic.
Untuk membuat sistem berbasis program Ulasan seperti driver kita dapat menggunakan C atau bahasa assembly. Sebagai contoh, sistem operasi Linux adalah open source. Jika Anda melihat kode sumber Anda akan menemukan bahwa Linux dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C.
Adapun desktop kita dapat menggunakan Visual Basic. Bahasa ini dirancang oleh Microsoft untuk pemrograman GUI desktop dengan tampilan yang mempesona.

Bahasa pemrograman yang umum digunakan

1. HTML / CSS
banyak yang tidak menggaggap ini bagian dari bahasa pemrograman, tetapi jika dalam pandangan program dalam web yakin HTML / CSS adalah dasar dari semua itu, jadi jika Anda ingin belajar membuat web  statis pertama Anda pasti akan belajar HTML / CSS dasar.
2. JavaScript
JavaScript adalah cara yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif untuk halaman web dan aplikasi. Ini adalah salah satu bahasa yang paling mudah untuk belajar dan dapat digunakan untuk apa saja seperti data formulir validasi untuk mengembangkan permainan, menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk pemula.
4. PHP
Bahasa pemrograman yang digunakan terutama untuk mengembangkan halaman web dinamis. Ini berarti bahwa pada membuat file terpisah untuk panggilan sekarang halaman penuh dari situs kode, Anda dapat menulis satu set aturan untuk akses dan menampilkan informasi dari database yang kemudian dapat membuat halaman dan memanggil mereka ketika mereka dibutuhkan.
5. C + +
Dikembangkan untuk menambahkan fitur berorientasi objek bahasa C, dengan penambahan kelas dan fitur lainnya. C + +, yang yang sekarang digunakan, berbagai konfirmasi Instan aplikasi. Belajar C + + juga memiliki keuntungan bahwa itu adalah mudah untuk belajar bahasa lain C adalah C # dan C. Semua bahasa C Umumnya dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah.
6. C #
Diucapkan C Sharp, bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET. Jika Anda ingin menulis sebuah jendela aplikasi, atau terutama jika Anda ingin menulis kode untuk perangkat lunak desktop, ini sangat penting. Ini adalah tujuan OOP umum banyak kesamaan dengan bahasa C tua.
7. C
Hal ini digunakan oleh versi C dari sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain. Jika Anda ingin mengkhususkan diri dalam menulis kode untuk produk Apple maka ini adalah program yang Anda butuhkan untuk menguasai.
8. Python
Sangat populer di komunitas ilmiah dan akademik, tetapi juga telah digunakan untuk make situs populer seperti Pinterest. Hal ini relatif mudah untuk belajar Dibandingkan dengan sesuatu seperti C atau turunannya, namun masih sangat fleksibel dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan itu.
9. Java
Digunakan oleh Google sebagai bagian integral dari sistem operasi Android, dan oleh pengembang independen untuk membuat aplikasi android (dan penggunaan lainnya). Java diciptakan dengan “tulis sekali, jalankan di mana saja” (WORA) pendekatan untuk memfasilitasi kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di komputer lain.
10. Ruby
Ini adalah OOP murni populer dari Jepang. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan tentang yang satu ini karena saya tidak pernah memakainya.
11. Visual Basic
Berasal dari ‘BASIC’, yang sangat populer di hari-hari awal komputasi personal, Visual Basic (VB) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks

Daftar Bahasa Pemrograman

Berikut adalah daftar bahasa pemrograman komputer :
  1. Aro
  2. Ada
  3. ALGOL
  4. Applescript
  5. Assembly
  6. BASIC:
  7. ASP
  8. BASIC
  9. COMAL
  10. Visual Basic
  11. Visual Basic for Applications
  12. VBScript
  13. BAIK
  14. Batch (MS-DOS)
  15. COBOL
  16. UNIX shell script:
  17. Bourne shell (sh) script
  18. Bourne-Again shell (bash) script
  19. Korn shell (ksh) script
  20. C shell (csh) script ™
  21. C:™
  22. C++™
  23. C#™
  24. Visual C++
  25. ColdFusion
  26. dBase dkk.:
  27. Clipper
  28. Foxbase
  29. Visual FoxPro
  30. Eiffel
  31. Fortran
  32. Go
  33. Haskell
  34. Java
  35. JavaScript
  36. JSP
  37. Lisp
  38. Logo
  39. Pascal
  40. Delphi
  41. Perl
  42. Prolog
  43. Python
  44. PHP
  45. Pike
  46. R
  47. REXX
  48. REBOL
  49. RPG
  50. Ruby
  51. Simula
  52. Smalltalk
  53. Scheme
  54. SQL
Sekian Semoga Bermanfaat 

0 komentar:

Posting Komentar